LKP Pariwisata Prima Gelar Praktikum Berbasis Kebutuhan Industri

Mempersiapkan peserta didiknya untuk siap masuk dunia industri dan siap kerja, LKP Pariwisata Prima mengundang praktisi dari industri langsung dalam kegiatan praktikum laboratorium.

Direktur LKP Pariwisata Prima, Yan Hardiansyah M.Pd melalui Bendahara LKP Pariwisata Prima, Nurul Azminah, S.Pdmengungkapkan ujian praktikum berbasis kebutuhan industri ini dilakukan dalam rangka persiapan tahun 2022/2023. Kegiatan ini diikuiti oleh peserta didik di batch 9 dan 10 yang terdiri dari empat department yakni Front Office, Housekeeping, F&B Service, dan Food Production. “Kegiatan ujian praktik dilakukan selama dua minggu, dari tanggal 31 Januari dan puncaknya hari ini (10/2),” jelasnya.

Di hari terakhir ujian praktik ini, peserta didik turut mengundang praktisi dari industri pariwisata seperti perhotelan, restoran dll. Usai kegiatan ini mereka akan menjalankan Praktik Kerja Nyata (PKN) selama enam bulan, melakukan tugas akhir, laporan yudisium dan wisuda. “Kami harap dengan adanya kegiatan praktikum ini, peserta didik dapat menyerap ilmu yang diberikan selama ini dan mengimplementasikannya sehingga nantinya lebih siap saat mengikuti PKN,” harapnya.

Nurul menambahkan, saat ini sebanyak 90% lulusan dari LKP Pariwisata Prima telah terserap di dunia industri, sebanyak 10% nya memilih untuk berwirausaha. Pihaknya pun saat ini telah membuka pendaftaran peserta didik baru tahun akademik 2022/2023. Pendaftaran Gratis dan bisa menghubungi nomor Admin Resmi atau datang langsung di kampus. Nantinya Admin kami akan mengarahkan cara untuk mendaftar. Calon pendaftar yaitu berusia 17 – 25 tahun, minimal pendidikan SMA/SMK semua jurusan dan memiliki motivasi tinggi untuk berkarir.
“Batch 11 ini akan dimulai pada April 2022,” tukasnya.

Beberapa tamu yang hadir dalam kegiatan praktikum ini turut mengapresiasi. General Manager Cordela Hotel Cirebon, Dedy Kurniawan menuturkan dari kegiatan praktikum ini, terlihat peserta didik yang telatih. Hingga saat ini lulusan LKP Pariwisata Prima menjadi contoh training lain untuk lembaga pendidikan lainnya. “Lulusan LKP Pariwisata Prima hingga saat ini cukup bagus dan membantu, beberapa orang sudah kami lihat memiliki kinerja yang baik dan bisa bergabung dengan kami,” tuturnya.

Hal serupa pun dituturkan oleh Chef Hotel Neo Cirebon, Rezky Yadi Yudaswara. Ia menuturkan baik makanan dan pelayanan yang diberikan pada praktikum ini sudah cukup baik. Beberapa peserta didik yang sempat mengikuti training di Hotel Neo Cirebon juga dinilai sangat baik. “Mereka bisa cepat beradaptasi di dunia kerja, yang saya lihat dalam praktikum kali ini juga mereka siap untuk bisa masuk dunia industri,” terangnya.

Sementara itu, sebelumnya beberapa peserta didik di batch 9 telah melakukan PKN terlebih dahulu di beberapa hotel. Dari PKN tersebut dua peserta didik berhasil mendapatkan predikat best trainee yakni Mualimin dari Cordela Hotel Cirebon dan Aditya Ryan Nugraha dari Hotel Neo Cirebon. “Dengan diajarkan kedisiplinan, grooming, dan attitude selama kegiatan pembelajaran, saya lebih mudah menerapkan itu saat PKN,” pungkasnya. (apr/opl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *